Selasa, 05 April 2016

makanan khas magetan

MACAM-MACAM MAKANAN KHAS MAGETAN JAWA TIMUR

Pernahkah anda berkunjung ke kota magetan JAWA TIMUR? Tentunya sudah pernah anda mengunjungi kota yang sangat indah ini. Di dalam blog ini saya akan memberi tahu macam-macam makanan khas di kota magetan ini. Ada 5 macam makanan khas magetan antara lain seperti SATE, KUE BOLU KHAS MAGETAN, NASI PECEL, TAHU PETIS, & WEDANG RONDE. 

1. SATE
              

                              



      Sate merupakan makanan khas Magetan yang banyak di gemari pengunjung yang berliburan di kota Magetan. Sate ini terdapat di desa sarangan Kab. Magetan, di sarangan tidak hanya terdapat penjual sate kelinci ataupun ayam. 1 porsi sate di sarangan terbilang murah hanya 12000/porsinya, di sana anda akan di manjakan dengan udara yang sangat sejuk. Di sarangan juga terdapat pemandangan yang sangat indah yaitu TELAGA SARANGAN, tidak hanya pemandangan indah telaga sarangan saja. 
      Di sarangan juga terdapat banyak villa & hotel. Cara membuat sate sangatlah mudah anda hanya perlu menusukkan daging ayam lalu di lumpuri dengan bumbu yang sudah di campuri dengan perasan jeruk nipis, lalu anda tinggal membakarnya hingga sate berubah warna menjadi kecoklatan dan hingga matang. Lalu iris lontong di atas piring lalu tumpangin sate yang sudah anda bakar tadi lalu tuangkan bumbu kacang di atas sate dan tambah sedikit kecap sesuai selera anda. Sate siap di hidangkan ;-) Jadi jika anda berkunjung di desa sarangan menginap saja di sarangan dan rasakan makanan yang ada di magetan



2. NASI PECEL

                         


      Tahukah anda nama makanan yang ada di atas?, tentunya anda tahu makanan yang ada di atas tersebut. Ya benar makanan di atas adalah NASI PECEL. Cara membuat makanan tersebut sangatlah mudah anda hanya mengambil nasi putih secukupnya lalu tumpangi nasi tersebut dengan sayur-sayuran lalu berilah sambal kacang yang banyak lalu kasih telur dadar ataupun ceplok, nasi pecel siap di hidangkan. Jika anda adalah salah satu peminat nasi pecel anda dapat berkunjung di kota magetan, setiap nasinya anda hanya perlu mengeluarkan uang minimal Rp.5000. Anda sudah dapat merasakan makanan yang lezat tiada duanya, selain murah juga dapat mengenyangkan perut anda.
 

3. TEPO TAHU



  
    Manis, asam, pedas, dan sedikit wangi berpadu menjadi sebuah selera rasa yang khas. Begitu unik dan siap menggoda selera bagi siapapun yang mencicipinya.
    Tepo masih berkerabat dengan lontong. Bedanya, bungkusan tepo berbentuk limas atau piramida. Jadi, penampilan luarnya berbeda jauh dari lontong meski sama-sama beras berbungkus daun pisang yang direbus berjam-jam hingga matang. Melihat penampilan tepo tahu, tidak jauh berbeda dari tahu gimbal atau kupat tahu. Irisan tepo diletakkan di atas piring yang sudah ada bumbu kacang. 
     Kemudian, gorengan irisan tahu plus telur dan tempe yang dipotong dadu mendarat di atas tepo lantas dikucuri kecap manis. Sebagai pelengkap, ada tambahan taoge rebus, cincangan daun seledri, taburan bawang merah goreng, dan kacang tanah goreng.


4. ROTI BOLU


                         
      Rasanya yang manis dan lembut, membuat roti ini banyak disukai oleh masyarakat. Tak hanya warga Magetan sendiri, namun juga warga luar Magetan.
     Yang menjadi khas dari roti bolu Magetan adalah aroma jahe dan jeruk disela rasa manisnya yang lembut. Sehingga membuat penikmatnya tak bosan ingin mencicipiya terus-menerus.
Proses pembuatannya juga tidaklah sulit. 
      Bahan yang dibutuhkan antara lain, tepung terigu, gula pasir, telur, vanili, serta tumbukan jahe dan perasan jeruk purut yang menjadi andalannya.
      Bahan-bahan tersebut dicampur menjadi adonan dan setelah itu dicetak kecil-kecil berbentuk oval, lalu dioven hingga matang. Proses selanjutnya, roti bolu Magetan siap dikemas dan dipasarkan. Rata-rata produksinya mencapai 1.500 bungkus per hari. 
      Di Kota Magetan sendiri tak sulit mencari roti bolu. Hampir seluruh toko di pasar dan pusat jajanan di wilayah setempat selalu menjualnya. Jajanan tersebut telah menjadi ikon Magetan dan oleh-oleh para wisatawan yang berkunjung ke Magetan.

5. WEDANG RONDE


                           


   Ketika musim penghujan tiba, minuman hangat adalah salah satu sajian nikmat dan lezat dan merupakan persembahan istimewa bagi keluarga tercinta di rumah. Tubuh dingin dan perlu kehangatan, sajian minuman wedang ronde komplit berikut ini bisa memberikan kehangatan dalam tubuh serta dapat memberikan efek positif bagi tubuh kita.
     Minuman tradisional ini juga pas disajikan pada saat malam hari, terlebih lagi ketika cuacanya dinginWedang ronde terbuat dari rempah-rempah asli Indonesia, khasiatnya juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita.
      Dan jika anda berminat ingin mencoba rasanya wedang ronde datanglah di desa sarangan,  dan rasakan hangatnya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar