Selasa, 12 Juli 2016

Laporan, Jurnal Pembalik dan Penutup

LAPORAN, JURNAL PEMBALIK & TUTUP BUKU

A.  Laporan Keuangan Setelah Penyesuaian

Setelah menyusun jurnal penyesuaian maka langkah selanjutnya adalah melihat laporan keuangan dan laporan lainnya yang tersusun secara otomatis oleh program MYOB. Berikut adalah langkah-langkah untuk menampilkan laporan keuangan:


1. Buka menu utama Reports- Index to Reports, lalu akan muncul tampilan
2.
Accounts
: untuk melihat jurnal, buku besar, laporan keuangan.
3.
Banking
: melihat rekonsiliasi bank, buku bank, dan laporan arus kas.
B.   Jurnal Pembalik (Reversing Entries)

Jurnal pembalik dibuat pada awal periode akuntansi sebagai kebalikan dari jurnal penyesuaian pada akhir periode akuntansi sebelumya. Tidak semua jurnal penyesuaian dilakukan reversing entries, hanya beberapa saja yaitu meliputi:
Ø    Hutang biaya

Ø    Piutang pendapatan

Ø    Pendapatan diterima di muka (jika digunakan pendekatan pendapatan)

Ø    Biaya dibayar di muka (jika digunakan pendekatan beban/ biaya)
Untuk menyusun jurnal pembalik pada program MYOB Accounting V18 cukup mudah karena ada fitur otomatis yang tersedia. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

1.       Tentukan preference supaya transaksi yang sudah dicatat tidak bisa diganti, dengan mengklik menu Setup - Preference Security, kemudian centang pilihan Transaction Can’t Be change (System Wide), lalu klik OK.
2.       Buka jurnal penyesuaian yang akan dibalik pada awal periode akuntansi.

 Buka menu Transaction Journal – pilih General Journal

 Lakukan penyesuaian tanggal

 Cari jurnal penyesuaian, antara lain hutang gaji, hutang listrik, dan telepon.

 Klik tanda anak panah putih pada jurnal yang akan dibalik

 Setelah jurnal penyesuaian terbuka, klik menu Edit lalu pilih Reverse

General Journal Transaction.

 Kemudian akan tampil jurnal baru berupa jurnal pembalik. Lakukan penyesuaian tanggal untuk jurrnal pembalik yaitu pada awal periode akuntansi (missal 1 Januari 2012)

 Isi memo dengan keterangan dan nomor bukti memorial (missal: Jurnal

Pembalik; BM12-3;31/12/2011)

 Jika sudah sesuai, kemudian klik Record.

C.      Tutup Buku Tahunan (Start New Year)

Untuk melakukan tutup buku pada akhir tahun, program MYOB Accounting V18 menyediakan fasilitas Start Financial New Year. Fasilitas tersebut berfungsi untuk melakukan proses tutup buku yaitu menutup semua transaksi pada akun laba/rugi periode berjalan serta memasukannya pada akun Retained Earning. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan tutup buku tahunan:

1.       Buka data perusahaan yang akan ditutup

2.       Klik menu utama File Start A New Year

3.       Pada kotak dialog MYOB Accounting, klik New Year, No Report
4.       Kemudian akan muncul peringatan untuk malakukan backup data. Jika sudah selesai mem- bbackup data selanjutnya klik Continue
5.       Berikutnya akan muncul kotak dialog penjelasan langkah-langkah yang akan dilakukan pada saat proses tutup buku berlangsung, yaitu meliputi:

 Memindahkan saldo historical

 Memindahkan saldo laba/rugi periode berjalan ke akun retained earning (laba ditahan)

 Program MYOB secara otomatis akan menutup akses edit data yang sudah ditutup kecuali transaksi yang baru dimasukkan di periode depan, pesanan pembelian dan penjualan yang belum final, dan biaya yang belum di-reimburse.

*      MYOB akan menghapus semua transaksi pada periode yang ditutup tersebut.
*      Klik Continue

  1. Setelah itu akan muncul kotak dialog untuk mengisi kolom tahun dengan periode akuntansi berikutnya. Setelah itu klik Continue.

  1. Tampil kotak dialog berikutnya yaitu apakah anda ingin tetap transaksi undeposit fund yang belum diproses ke kas/ bank terkait. Klik Continue.

  1. Saat muncul tampilan jendela berikutnya, apakah audit trail juga akan dihancurkan, tidak ditampilkan lagi? Centang pada Purge Audit Trail Entries, lalu klik Continue.

  1. Jendela berikutnya menginformasikan akun kas/ bank yang belum direkonsiliasi apakah yang outstanding cheque/ deposit in transit belum direkonsiliasi dan masih akan direkonsiliasi pada bulan berikutnya. Klik

Continue.

  1. Jendela berikutnya adalah tahap terakhir menuju proses Start A New Year. Anda akan diingatkan lagi untuk melakukan backup data. Klik pada tombol

Start A New Financial Year.

  1. Proses tutup buku tahunan telah dilakukan. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar