Selasa, 12 Juli 2016

Menu Purchases

MENU PURCHASES

Menu Purchases digunakan untuk mencatat transaksi yang berhubungan dengan pembelian. Transaksi yang dapat dicatat dalam menu ini dapat berupa pembelian item, pembelian service, pembelian professional, dan pembelian miscellaneous. Pembelian item digunakan untuk mencatat pembelian berupa barang dagang (item). Pembelian service digunakan untuk mencatat pembelian jasa yang tidak terdapat atau tidak memiliki persediaan. Pembelian professional digunakan untuk mencatat transaksi pembelian jasa profesional. Pembelian miscellaneous digunakan untuk mencatat transaksi pembelian lain-lain yang tidak dapat dicatat melalui pembelian barang, pembelian jasa, dan pembelian profesional.

Pada umumnya transaksi yang sering menggunakan Receive Money adalah:
Ø    Pembelian secara tunai

Ø    Pembelian secara kredit

Ø    Pembelian dengan uang muka

Ø    Retur pembelian

Ø    Pembayaran utang pada supplier

1.    Transaksi Pembelian Barang Dagang:


a)         Klik Enter Purchase pada menu Purchases, lalu akan muncul tampilan sebagaimana pada gambar 
b)        Ubah format dengan klik Layout dan pilih Item

c)         Pilih BILL

d)        Supplier diisi nama pemasok

e)         Tax Inclusive diaktifkan jika harga barang sudah termasuk pajak

f)         Tampilan Term otomatis akan terisi. Jika ingin mengganti klik tanda panah putih di sampingnya dan diedit

g)        Purchase# diisi nomor order pembelian

h)        Date diisi tanggal pembelian
i)          Bill diisi jumlah barang yang dibeli, maka kolom Received akan otomatis terisi

j)          Supplier Inv# diisi nomor faktur

k)        Item Number diisi kode barang yang dibeli, maka kolom description otomatis terisi.

l)          Price diisi harga barang

m)      Disc% dan Job biarkan saja

n)        Tax diisi PPN

o)        Klik Record

2.    Transaksi Retur Pembelian:

a)         Klik Enter Purchases ada menu Purchases

b)        Pilih BILL

c)         Supplier diisi nama supplier yang menerima pengembalian barang

d)        Tax Inclusive diaktifkan jika harga barang sudah termasuk pajak

e)         Purchase# diisi nomor nota debet

f)         Date diisi tanggal transaksi

g)        Supplier Inv# Nomor faktur pembelian yang direturkan

h)        Bill diisi jumlah barang yang diretur, diisi dengan angka negatif

i)          Item Number diisi kode barang, maka kolom description otomatis terisi.

j)          Price diisi harga barang yang diretur

k)        Klik Record
2.    Transaksi Pembayaran Utang Pada Supplier:

a)         Klik Pay Bills pada menu Purchases
b)      Account diisi account yang digunakan untuk membayar utang (misalnya kas di bank, kas kecil, atau kas di tangan)

c)         Supplier diisi nama supplier yang menerima pelunasan

d)        Cheque No. diisi nomor urut identifikasi transaksi pelunasan utang

e)         Date diisi tanggal terjadinya transaksi pelunasan utang

f)         Amount Received diisi jumlah uang dibayarkan

g)        Memo diisi keterangan singkat mengenai transaksi
h)        Klik kolom Amount Applied, maka secara otomatis akan terisi jumlah yang akan dibayar kepada supplier

i)  Bila sudah benar, Out of Balance akan bernilai nol

j)           Klik Record


Tidak ada komentar:

Posting Komentar