PENCATATAN DATA TRANSAKSI
Untuk mencatat data transaksi
pada program MYOB digunakan menu Account
(General
Ledger), Banking (Receive Money dan Spend Money), Sales,
dan Purcase.
A. MENU ACCOUNT
Menu Account
berfungsi sebagai Jurnal Umum (General Ledger) yang digunakan untuk
mencatat transaksi yang tidak dapat dicatat dalam jurnal khusus (penerimaan
kas, pengeluaran kas, penjualan, dan pembelian). Pencatatan jurnal umum dilakukan
melalui submenu Record Jurnal Entry.
Untuk bisa mengisikan
form ini dengan benar, anda harus faham betul tentang akuntansi, karena di form
ini anda harus memisahkan sendiri account yang masuk sebelah debet atau kredit.
Selain itu anda harus menentukan sendiri account yang berpengaruh terhadap sisi
debet dan kredit tersebut.
Pada umumnya transaksi yang
sering menggunakan record journal entry adalah:
Ø Penyesuaian
pemakaian perlengkapan (supplies)
Ø Penyesuaian
alokasi sewa bulanan terhadap sewa dibayar di muka
Ø Penyesuaian
cadangan kerugian piutang
Ø Setoran
ke Bank dan ambilan uang dari Bank (selain dari Banking)
Ø Pengkreditan
PPN Masukan dan PPN Keluaran
Ø Pencatatan dan pengakuan biaya
yang masih harus dibayar seperti bunga, sewa, dan lainnya.
Ø Penyusutan
aktiva tetap, dll
Cara pengisian
jurnal umum:
1. Klik Record Jurnal Entry pada
menu Account
2. General
Journal diisi nomor urut identifikasi transaksi,
Date diisi tanggal transaksi (perhatikan setting tanggal,
D/M/YY atau M/D/YY), Memo diisi keterangan singkat mengenai
transaksi yang terjadi, Acc# diisi kode account yang dipilih,
lalu isikan nominal debet dan kreditnya.
3.
Klik
Record
B. MENU BANKING
Menu Banking
berfungsi sebagai Jurnal Penerimaan Kas (Receive Money) dan Jurnal
Pengeluaran Kas (Spend Money) yang digunakan untuk mencatat penerimaan
dan pengeluaran kas selain transaksi penjualan dan pembelian.
1.
Penerimaan Kas (Receive Money)
Pada
umumnya transaksi yang sering menggunakan Receive Money adalah:
Ø Menerima
pendapatan bunga, sewa, dan lain-lain
Ø Menerima
kembali piutang yang telah dihapuskan, dll
Cara pengisian jurnal penerimaan
kas:
a) Klik Receive Money pada menu Banking
b) Deposit
to Account diisi account yang digunakan untuk
penerimaan kas bersangkutan (misalnya kas di bank, kas kecil,
atau kas di tangan), Payor diisi nama pihak yang membayar, ID#
diisi nomor urut identifikasi transaksi penerimaan kas, Date
diisi tanggal terjadinya transaksi penerimaan kas,
Amount Received diisi
jumlah uang diterima, Memo diisi keterangan singkat mengenai
transaksi, Payment Metode diisi cara pembayaran yang digunakan, Acc#
diisi kode account yang digunakan untuk mengalokasikan penerimaan kas
c) Klik Record
2.
Pengeluaran Kas (Spend Money)
Pada
umumnya transaksi yang sering menggunakan Receive Money adalah:
Ø Pembelian
perlengkapan
Ø Pembayaran beban-beban (gaji,
listrik dan telepon, iklan, asuransi, bunga, dan lain-lain)
Ø Pengeluaran
uang untuk keperluan pribadi (prive)
Ø Pembayaran
angsuran, dll
Cara pengisian jurnal pengeluaran
kas:
a)
Klik
Spend Money pada menu Banking
b) Pay
from Account diisi account yang digunakan untuk
pembayaran kas bersangkutan (misalnya kas di bank, kas kecil,
atau kas di tangan), Payee diisi nama pihak yang menerima pembayaran,
Cheque No. diisi nomor urut identifikasi transaksi pengeluaran
kas, Date diisi tanggal terjadinya transaksi pengeluaran kas, Amount
diisi jumlah uang dibayarkan oleh perusahaan, Memo diisi
keterangan singkat mengenai transaksi, Acc# diisi kode account
yang digunakan untuk mengalokasikan pembayaran kas dan amount diisi
jumlah uang yang dibayarkan
c)
Klik
Record
C. MENU SALES
Menu Sales digunakan
untuk transaksi yang berhubungan dengan penjualan. Transaksi yang dapat dicatat
dalam jurnal ini dapat berupa penjualan item, penjualan service,
penjualan professional, dan penjualan miscellaneous. Penjualan
item digunakan untuk mencatat penjualan berupa barang dagang (item).
Penjualan service digunakan untuk mencatat penjualan-penjualan jasa yang
tidak terdapat atau tidak memiliki persediaan. Penjualan professional
digunakan untuk mencatat transaksi penjualan jasa profesional yang diberikan
atau dijual kepada customer. Penjualan miscellaneous digunakan untuk
mencatat transaksi penjualan lain-lain yang tidak dapat dicatat melalui
penjualan barang, penjualan jasa, dan penjualan profesional.
Transaksi yang dicatat dalam Sales
(Jurnal Penjualan) adalah:
Ø Penjualan
secara tunai
Ø Penjualan
secara kredit
Ø Penjualan
dengan uang muka
Ø Retur
penjualan
Ø Penerimaan
pembayaran piutang
Assalaamu'alaikum ww.
BalasHapusMohon solusi mengapa sy entry spend tapi tidak muncul jurnalnya? Padahal sy entry received money muncul jurnalnya.
Mkshbdn salam kenal,
Moh isa anshori - balikpaoan