Mengenal Aplikas Komputer
Akuntansi
A. Pengertian MYOB Accounting
Mind Your Own
Business Accounting (MYOB Accounting) adalah sebuah software
Accounting yang dibuat secara terpadu (Integrated Software) yang dapat digunakan
untuk mengkomputerisasi proses akuntansi bisnis. MYOB mengintegrasikan
keseluruhan proses akuntansi mulai dari jurnal, pemindahbukuan (posting)
ke perkiraan (account), laporan keuangan, hingga analisis bisnis ke
dalam satu program. MYOB Accounting adalah produk dari MYOB Pte. Ltd Australia
yang memiliki keunggulan di antaranya menyediakan daftar akun / rekening siap
pakai yang dapat disesuaikan dengan jenis usaha. Berbagai keunggulan lain yang
dimiliki MYOB Accounting adalah sebagai berikut:
1. Mudah
digunakan (user friendly) artinya mudah dipahami, dipelajari dan
dioperasikan meskipun oleh pemula karena fungsi-fungsi yang terdapat pada
software MYOB Accounting dapat didefinisikan secara jelas.
2. Sangat
fleksibel dan mampu menyajikan laporan keuangan secara otomatis, lengkap, dan
akurat sesuai dengan GAAP (Generally Accepted Accounting Principles)
termasuk Standar Akuntansi Keuangan (SAK). MYOB accounting juga dapat
menangani berbagai jenis pajak (termasuk pajak yang berlaku di Indonesia).
3. Perintah-perintah
yang digunakan hampir seluruhnya disajikan dalam bentuk tombol menu yang
langsung dapat dipilih. Selain itu juga dilengkapi dengan sistem pengaman
seperti halnya password.
4. Laporan
keuangan dapat diekspor ke program Microsoft Excel ataupun Microsoft Word dan
dapat disimpan dalam bentuk PDF ataupun Text File.
5.
MYOB
Accounting dilengkapi dengan fasilitas audit trail dan transaction
trail.
B.
Memahami Cara Kerja dan Memulai Program MYOB Accounting V18
Sebelum
memulai program MYOB Accounting V18, hendaknya dipahami terlebih
dahulu bagaiaman proses
kerja program terkait dengan proses akuntansi. Secara sederhana proses
akuntansi program MYOB diawali dari kegiatan entri informasi dan data awal
perusahaan, dilanjutkan dengan entri serangkaian transaksi-transaksi yang
terjadi pada perusahaan, dan bermuara pada kegiatan penyajian laporan keuangan.
Tampilan menu awal MYOB
Accounting V18 yang dapat dioperasikan adalah seperti gambar di bawah ini:
Tombol Open digunakan untuk membuka file MYOB
perusahaan yang sudah dibuat sebelumnya. Anda dapat menampilkan dan
mengoperasikan kembali data akuntansi yang pernah anda kerjakan dan anda simpan
sebelumnya.
![](file:///C:\Users\user\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.jpg)
Tombol Create digunakan untuk membuat file
MYOB bagi perusahaan baru. Jika anda ingin membuat data akuntansi perusahaan
untuk pertama kalinya, silahkan pilih tombol ini dan ikuti beberapa langkah
yang harus anda selesaikan untuk membuat data tersebut.
Tombol Explore digunakan untuk membuka file sample
company (perusahaan contoh) yang bisa digunakan untuk latihan dan
mencermati fasilitas dan jenis transaksi yang dicatat dengan menggunakan MYOB.
![](file:///C:\Users\user\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.jpg)
Tombol What’s New digunakan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang fitur-fitur terbaru dan peningkatan dari versi MYOB
sebelumnya.
![](file:///C:\Users\user\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.jpg)
Tombol Exit untuk
mengakhiri dan keluar dari program MYOB Accounting v18.
C. Fasilitas
MYOB Accounting V18
Kelengkapan fasilitas
MYOB Accounting V18 ditunjukkan dengan modul akuntansi yang tergabung dalam
salah satu form yang disebut Command Centre. Command Centre memberikan
kemudahan pada para pemakai untuk menggunakan modul yang ada tanpa harus
membuka bagian dari modul tersebut satu per satu secara berurutan. Command
Centre MYOB Accounting V18 menyajikan menu:
1.
Menu Accounts
Merupakan cerminan dari jurnal umum yang digunakan
untuk mencatat transaksi yang tidak dapat dicatat di jurnal-jurnal khusus yang
disediakan. Dalam menu account terdapat beberapa sub-menu diantaranya Account
List. Sub-menu Account List digunakan untuk pengaturan kode account dan nama
account.
2.
Menu Banking
Merupakan cerminan jurnal penerimaan dan pengeluaran
dalam proses akuntansi bisnis yang tidak berhubungan dengan penjualan dan
pembelian. Menu banking hanya untuk pencatatan transaksi selain penjualan dan
pembelian.
3.
Menu Sales
Merupakan cerminan dari jurnal penjualan. Jurnal ini
juga dapat digunakan untuk mencatat penjualan tunai, kredit, maupun penjualan
dengan uang muka.
4.
Menu Purchases
Merupakan cerminan dari jurnal pembelian. Jurnal ini
juga dapat digunakan untuk mencatat pembelian tunai, kredit, maupun pembelian
dengan uang muka.
5.
Menu Inventory
Merupakan
cerminan dari kartu persediaan dan pengelolaan data persediaan.
6.
Menu Card File
Merupakan
cerminan dari kartu piutang dan utang, sekaligus digunakan untuk mencatat data
pelanggan dan pemasok secara detail. Data pihak ketiga yang berhubungan dengan
perusahaan juga dapat dicatat secara detail di menu ini. Data ini berfungsi
hanya sebagai kartu bisnis biasa karena perusahaan tidak memiliki utang/piutang
kepada pihak tersebut.
D. Mempersiapkan
Lingkungan Kerja MYOB Accounting V18
Untuk mempersiapkan
lingkungan kerja MYOB accounting V18, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan
sebagai berikut:
1. Menyesuaikan
jenis mata uang melalui menu Windows Explorer, dengan mengklik Control
Panel, klik Regional And Language, klik Regional Options,
klik Indonesian maka secara otomatis mata uang yang digunakan adalah
Rupiah
2. Menyiapkan
preferensi perusahaan melalui menu utama Setup pada program MYOB Accounting V18
lalu klik menu preferences yang meliputi: System, Windows, Reports
and Forms, Banking, Sales, Purchases, Inventory, Security.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar